Pages

Jenis-Jenis Kipas Angin AC

Jumat, 07 Desember 2018


Kenyamanan kita akan terganggu apabila kita berada pada ruangan yang panas. Temperatur ruangan yang panas dapat membuat kita gerah dan berkeringat. Tidak jarang kita menjadi tidak fokus dalam melakukan aktivitas karena terganggu kenyamanannya.
Untuk mengatasi temperatur ruangan yang panas, tidak jarang biasanya kita menggunakan sebuah alat pendingin berupa kipas angin AC. Namun, apakah Anda mengetahui jenis-jenis dari kipas angin AC?

Setiap jenis peralatan memiliki fungsinya masing-masing. Tidak terkecuali untuk kipas angin AC. Alat pendingin ini juga memiliki 3 macam jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bagi Anda yang akan membeli kipas Angin AC, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis yang manakah yang pas untuk Anda.
Untuk itu dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk mengenal jenis-jenis dari kipas angin AC. 

Berikut 3 macam jenis kipas Angin AC:

1.    Personal Cooler
Personal Cooler adalah jenis kipas angin AC yang diperuntukan untuk sudut ruangan tertentu atau pemakaian perorangan. Alat pendingin yang memiliki nama lain spot cooler ini dapat bekerja dengan optimal apabila Anda ingin mendinginkan sudut ruangan tertentu atau posisi seseorang yang merasa kepanasan.
Karakteristik dari jenis kipas angin AC personal cooler adalah bentuknya yang kecil atau ramping. Tanki air yang tidak besar dan tingkat air flow yang cenderung kecil membuat jenis personal cooler sangat cocok apabila ruangan yang akan didinginkan relatif kecil atau terbatas.
Perlu Anda pertimbangkan, apabila Anda menginginkan kipas angin AC jenis personal cooler dengan harapan mampu mendinginkan satu ruangan yang luas, maka sebaiknya Anda hilangkan angan-angan tersebut. Kipas angin AC ini kurang optimal apabila digunakan untuk ruangan yang besar. 

2.    Residential Cooler
Harga dari kipas angin AC jenis residential cooler memang lebih mahal daripada personal cooler. Namun, apabila Anda membutuhkan kipas angin AC untuk mendinginkan satu ruangan yang cukup luas memilih residential cooler adalah merupakan pilihan yang tepat.
Karakteristik dari jenis residential cooler adalah bentuknya yang lebih besar. Ukuran tanki dari jenis ini berada pada kategori sedang sampai besar. Air flow dari alat pendingin ini juga cukup besar untuk mencakup sebuah ruangan.
Perlu Anda ketahui, kami tidak merekomendasikan jenis residential coolor ini digunakan di ruang terbuka (outdoor). Simpanlah ditempat yang memiliki atap atau indoor sehingga terhindar dari siraman air hujan. Hal ini dikarenakan air hujan dapat membuat kerusakan pada sistem kelistrikan pada kipas angin AC jenis residential cooler.
Jika sistem kelistrikan dari kipas angin AC terganggu, Anda mungkin diharuskan membayar biaya reparasi yang tidak sedikit. Anda mesti menggantu kontrol panel LED dari kipas angin AC jenis tersebut.
Perlu diperhatikan pula, ketika membeli kipas angin AC jenis residential pastikan Anda tanyakan kepada penjual cocoknya yang memiliki air flow seperti apa sehingga seimbang dan pas dengan luas ruangan Anda.

3.    Semi Outdoor
Kipas angin AC jenis semi outdoor adalah alat pendingin yang dapat digunakan untuk menata udara di luar ruangan. Bagi Anda yang sering merasa kepanasan dalam melakukan aktivitas outdoor, ditemani oleh sebuah kipas angin AC jenis semi outdoor adalah tindakan yang tepat. Hal itu dikarenakan kipas angin AC menggunakan bahan alami sebagai media pendinginnya.
Kipas angin AC jenis semi outdoor memiliki karakteristik ukuran yang besar. Hal ini dikarenakan tanki yang dimiliknya berukuran besar. Air flow dari kipas angin AC jenis semi outdoor juga memiliki tenaga yang cukup kuat sehingga sangat pas untuk digunakan di ruangan terbuka.
Selain itu, kelebihan lainnya dari kipas angin jenis semi outdoor adalah adanya sifat weather proofing. Anda tidak perlu merasa hawatir secara berlebihan apabila alat pendingin ini terkena air hujan. Sifatnya yang tahan terhadap berbagai cuaca membuat Anda dapat mengatur temperatur udara ketika melakukan aktivitas outdoor.
Itulah berbagai jenis dari kipas angin AC. Kesimpulannya, bagi Anda yang akan membeli kipas Angin AC sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda tersebut diperuntukan untuk dimana dan cakupan areanya bagaimana. Hal ini sangat bermanfaat agar kipas angin AC yang Anda beli dapat berguna secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS