Pages

Persiapan Agar Siap Untuk Usia Pensiun PNS

Sabtu, 25 Maret 2017



PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah orang-orang yang bekerja dan mengabdi di lingkungan pemerintah untuk melayani masyarakat. Baru-baru ini tersebar berita kalau batas usia pensiun PNS berubah yang tadinya 56 tahun sekarang menjadi 58 tahun. Hal ini tentu membuat para pegawa pemerintahan terkejut, yang berarti masa baktinya diperpanjang 2 tahun lebih lama. 

Tak hanya itu saja, jika dulu gaji pensiun dibayarkan setiap bulan seperti pegawai yang masih aktif, tapi kini 2017 sistemnya berubah menjadi pesangon. Sistem pesangon bisa diartikan gaji pensiun dibayarkan secara sekaligus dan totalnya tergantung golongan terakhir ketika masih bertugas jadi pegawai. Besarnya pesangon dibagi dalam 3 jenis yakni :
·         Untuk PNS golongan I dan II pesangonnya sebesar Rp 500 juta
·         Untuk PNS golongan III pesangonnya sebesar Rp 1 Miliyar
·         Untuk PNS golongan IV pesangonnya sebesar Rp 1,5 Miliyar
Apapun yang terjadi nanti baik ada perubahan usia pensiun PNS maupun cara pembayaran gajinya, kamu perlu mempersiapkan untuk masa tuamu itu. Persiapakan sejak dini agar kamu tidak bingung mau mengerjakan apa saat rambut mulai memutih. Inilah 3 hal yang perlu kami siapkan :
DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)
Meski sudah ada JHT (Jaminan Hari Tua) yang disiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, tak ada salahnya menyisihkan sebagian kecil dari gaji untuk ikut program DPLK. Cara kerjanya seperti menabung, dimana kamu menyetorkan yang setiap bulannya. Uang yang terkumpul akan dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh lembaga keuangan itu. Tentunya kamu akan mendapatkan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa.
Investasi
Langkah kedua untuk siap menghadapi usai pensiun PNS adalah berinvestasi. Sekarang, ada banyak sekali pilihan jenis investasi yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuanganmua. Diantaranya Reksadana yang hanya menggunakan uang ratusan ribu setiap bulannya. Untungnya pun banyak dan bisa sebagai dana persiapan yang tepat.
Aset
Apabila kamu mempunyai cukup uang belilah rumah baik secara cash maupun dengan KPR. Selain rumah ada barang lain yang termasuk aset yakni kontrakan, showroom, restoran dan lain sebagainya. Pilih aset mana yang ingin kamu kelola untuk menyambut usia pensiun PNS nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS